Mengapa Kita Perlu Belajar Biologi?

Kata Biologi berasal dari bahasa Latin. Bios = hidup atau makhluk hidup dan Nomos = ilmu. Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan alam, selain Fisika, dan Kimia.

Makhluk hidup dalam menjalankan kehidupannya tentulah tidak akan bisa melepaskan diri dari alam atau lingkungan. Alam jagad raya atau lingkungan ini tidak pernah tetap, selalu berubah, maka bila makhluk hidup tersebut ingin lestari maka mereka harus pula berubah, menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah tersebut.

Siapakah makhluk hidup yang bertempat tinggal tersebar di jagad raya ini, dan di belahan manakah mereka tinggal? Makhluk hidup meliputi mikroorganisme seperti bakteri, jamur, alga, dan Protozoa, sedang makroorganisme seperti tumbuhan (Lumut, Paku, Spermatophyta yang terdiri atas Gymnospermae dan Angiospermae) dan hewan Avertebrata (Porifera, Coelenterata, Vermes, Arthropoda, Mollusca dan Echinodermata) serta Vertebrata (Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves dan Mammalia). Tumbuhan dan Hewan ini termasuk manusia menempati wilayah jagad raya ini mulai dari dasar laut, dalam tanah hingga di atas tanah dan badan-badan air tawar seperti kolam, danau dan sungai.

Manusia sebagai hewan yang berpikir (Homo sapiens) sudah seharusnya dalam perikehidupannya selalu berusaha untuk hidup berdampingan secara sehat dengan komponen ekosistem yang terdiri atas produsen (tumbuhan), konsumen (hewan juga manusia sendiri) – dekomposer dan lingkungan (abiotik). Allah SWT memang menciptakan semua tumbuhan, hewan dan kekayaan alam untuk mencukupi kebutuhan manusia, namun kalau kita tidak mau memelihara dan hidup berdampingan secara arif artinya berempati terhadap siklus-siklus hara dan energi yang ada di alam, maka kepunahan makhluk hidup dan kerusakan lingkungan / alam akan segera terwujud.

Bermunculnya berbagai macam bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit seperti typhus, cholera, tbc, aids dan hiv tidak lepas dari peranan manusia juga. Lho kok bisa ?

2 responses »

  1. yg paling penting adalah bagaimana membuat pelajaran biologi ini menjadi pelajaran yg menyenangkan bagi anak. bukan sekedar pelajaran hafalan. mungkin dg adanya praktek dialam terbuka membuat anak lebih mengerti dan menyenangi pelajaran biologi

  2. setuju.., mempelajari biologi tanpa praktek tidak akan ada hasilnya dan pendidik harus pintar2 membuat peserta didiknya bisa mengaplikasikannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s