Jilbab adalah Pelindung (untuk perempuan sholehah dan muslimah)

Assalamu’alaikum wr wb, ya akhi wa ukhti…

Memang sekarang ini banyak sekali yang memproduksi jilbab dengan berbagai macam warna dan bentuk/model sehingga menarik konsumen. Tapi, apakah anda para wanita yang memakai jilbab sudah tahu kriteria cara memakai jilbab yang di anjurkan oleh agama Islam?

Allah SWT berfirman, “Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu serta para wanita kaum beriman agar mereka mengulurkan jilbab-jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka mudah dikenal dan tidak diganggu orang. Alloh Maha pengampun lagi Maha penyayang”. (Al Ahzab : 59).

Sebenarnya kalian para wanita sudah mengetahui cara berpakaian ala jilbab yang benar, akan tetapi sebagian dari kalian mengabaikannya dan menganggap itu norak atau kampungan dan tidak mengikuti jaman. Kebanyakan para wanita memakai jilbab hanya karena mengikuti popularitas semata. Pakaian yang ketat (sehingga memperlihatkan lekuk tubuh), jilbab tidak sampai menutupi bagian dada, ini adalah beberapa contoh memakai jilbab yang salah dan mengumbar aurat.

Rasulullah SAW bersabda, “seorang wanita yang membuka auratnya atau bahkan mengenakan pakaian yang ketat, tidak akan mencium wanginya surga selama lebih dari 500 tahun.”

Jilbab juga sebagai pelindung, secara tidak langsung melindungi diri dari mata lelaki yang selalu ingin menerawang apa yang ada di balik pakaian yang kalian kenakan. Karena bila engkau mengenakan pakaian yang ketat, ini bisa menimbulkan birahi dan memancing lawan jenis untuk melakukan hal-hal yang berorientasi pada seks. Bagi wanita, nyaris seluruh tubuh dan gerakannya mengandung muatan seks.

Wanita yang dengan sengaja menampakkan auratnya kepada orang lain itu berarti dia dengan sengaja menjual murah mutiara tubuhnya. Islam memiliki kiat jitu untuk melindungi aurat wanita, yaitu dengan mewajibkan untuk berjilbab. Kewajiban ini sepintas mengekang hak-hak kebebasan wanita, namun sesungguhnya perintah ini akan menyelamatkan wanita itu sendiri bahkan akan mengangkat derajat dan martabatnya.

Jelasnya, membuka aurat baik itu dimaksudkan untuk memamerkan atau tidak adalah dosa. Kalau Anda, kaum wanita muslimah yang dalam keseharian tidak pernah memakai jilbab atau bahkan berpakaian dengan model ala Barat yang mempertontonkan kemolekan tubuh, maka itu berarti tiap hari Anda kena beban dosa. Anda mungkin tidak merasakan atau bahkan memang mengabaikannya. Namun yang jelas Anda harus tahu bahwa dosa yang dilakukan setiap hari tanpa ada upaya untuk sadar dan bertobat, maka sekecil apapun dosa itu lama-kelamaan akan menjadi besar.

Astaghfirullah hal’adzim.., betapa meruginya seorang wanita yang mengenakan jilbab secara asal-asalan atau bahkan yang belum memakai jilbab. Semoga Allah SWT memberi hidayah-NYA agar semuanya sadar bahwa mengenakan jilbab secara syar’i itu sangatlah wajib, bukan kesiapan.

Allah berfirman, Jagalah dirimu dan keluargamu dari (siksa) neraka.

(QS. At Tahrim : 6)


NB : di tulis dari berbagai sumber (bukan menggurui, akan tetapi sesama muslim mari kita saling mengingatkan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s