“Sembahyang Rerumputan”

Walau kau bungkam suara Adzan

walau kau gusur rumah-rumah Tuhan

aku rumputan

takkan berhenti sembahyang

“inna shalaati wa nusuki

wa mahyaaya wa mamaati

lillahi rabbil ‘alamin”

Topan menyapu hias padang

tubuhku bergoyang-goyang

tapi tetap teguh dalam sembahyang

akarku yang mengurat di bumi

tak berhenti mengucap Shalawat Nabi

sembayangku sembahyang rumputan

sembahyang penyerahan jiwa dan badan

yang rindu berbaring di pangkuan Tuhan

sembahyang penyerahan habis-habisan

Walau kau tebang aku

akan tumbuh sebagai rumput baru

walau kau bakar daun-daunku akan bersemi melebihi dulu

Aku rumputan

kekasih Tuhan

di kota-kota disingkirkan

alam memeliharaku subur di hutan

Aku rumputan

tak pernah lupa sembahyang

: Sesungguhnya Shalatku dan Ibadahku

hidup dan matiku hanyalah

bagi Allah tuhan alam

Pada kambing dan kerbau

daun-daun hijau kupersembahkan

pada tanah akar kupertahankan

agar tak kehilangan asal keberadaan

di bumi terendah aku berada

tapi Dzikirku menggema

menggetarkan jagat raya

: “La ilaaha illallah

Muhammadar Rasulullah”

Aku rumputan

kekasih Tuhan seluruh gerakku

adalah sembahyang

1992

oleh : “Ahmadun Yossi Herfanda”

Tinggalkan Balasan

